Header Ads

Pembangunan Jalan Garoga Digeber pada 2018

Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) akan membangun jalan rusak di ruas Pangaribuan-Garoga, Kabupaten Tapanuli Utara, khususnya titik jalan rusak di Kecamatan Garoga. Panjang jalan rusak yang akan dibangun di tahun anggaran 2018 adalah 5 km.

"Tahun ini titik jalan rusak di ruas Pangaribuan-Garoga kembali ditangani, kami rencanakan 5 km," kata Kabid Perencanaan dan Evaluasi Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sumut Iswahyudi menjawab konfirmasi Medanbisnisdaily.com di Medan, Rabu (24/1/2018).

Namun Iswahyudi tidak memberitahukan berapa pagu anggaran penanganan jalan rusak itu. Tender pekerjaan jalan itu sendiri akan digelar sekitar pertengahan atau akhir Februari 2018.

Sesuai arahan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, kata Iswahyudi, perbaikan jalan rusak ruas Pangaribuan-Garoga tersebut adalah prioritas. "Sebab memang kondisinya memprihatinkan, kurang layak lagi untuk dilintasi," katanya.

Oleh karena itu, Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sumut sebelumnya telah mengusulkan panjang penanganan jalan rusak ruas jalan Pangaribuan-Garoga itu 8 km. "Namun karena keterbatasan anggaran, akhirnya hanya 5 km yang ditampung di APBD Sumut tahun anggaran 2018," katanya.

Sebelumnya masyarakat Kecamatan Garoga sangat mengharapkan agar Pemprov Sumut segera memperbaiki jalan rusak ruas jalan Pangaribuan-Garoga di Kecamatan Garoga tersebut, sebab kondisi kerusakan sudah terjadi puluhan tahun.

"Memang perlahan sudah diperbaiki, ada sekitar 17 km di awal tahun 2017 itu yang tergolong rusak parah, sekitar 3,5 km dari jumlah itu diperbaiki di akhir 2017, kami berterima kasih karena panjang jalan rusak berkurang meskipun sedikit," kata Kepala Desa Sibaganding Bangkit Pasaribu.

Namun lanjut Bangkit, masyarakat Garoga sangat berharap bisa secepatnya jalan rusak diperbaiki di tahun 2018. "Sebab jalan rusak telah memuat masyarakat Garoga terpuruk berpuluh-puluh tahun, rugi dari sisi biaya, waktu dan tenaga yang membuat Garoga tidak berkembang selama ini," kata Bangkit.

Sementara itu, Camat Garoga Josua P Situmeang berharap agar pembangunan jalan rusak ruas Pangaribuan-Garoga khususnya jalan rusak di Kecamatan Garoga segera ditangani secara serius.

"Bagaimana pun daerah ini sudah lama tertinggal dari kecamatan lain di Taput yang memang lebih diakibatkan rusaknya jalan menuju Garoga, ekonomi rakyat kurang bergairah, sementara harga bahan-bahan pokok melambung. Untuk itu sangat kami harapkan perhatian serius Pemprov Sumut memperbaiki seluruhnya panjang jalan yang rusak," kata Josua. (sumber)

Tidak ada komentar